Senin, 17 September 2012

Mengenal Pria di Balik Pengembangan Honda CR-V


Jakarta - Generasi keempat Honda CR-V sudah meluncur, bagaimana Honda merancang mobil ini tentu menjadi pertanyaan menarik. detikOto pun berkesempatan mewawancarai langsung pria yang berada di balik pengembangan CR-V.

Berikut wawancara khusus detikOto dengan Large Project Leader (LPL), Honda R&D Co. Ltd Ryoji Nakagawa. Wawancara dilakukan Kamis (13/9/2012).

Apa yang menjadi inspirasi dalam mendesain All New CR-V?

CR-V ini kan bukan generasi pertama ini lanjutan generasi selanjutnya. Dan desain ini merupakan gabungan dari berbagai tuntutan dari berbagai negara. Sehingga kami berpikir, bagaimana kami meningkatkan fitur-fitur yang sudah ada. Dan ini yang menjadi awal konsep kami dalam mendesain seperti ini.

Apakah desain terbaru ini ada masukan dari konsumen Indonesia?

Dalam kenyataannya kami bertanya langsung dengan konsumen di Indonesia, apa yang diinginkan konsumen Indonesia. Dan ini juga termasuk kondisi jalanan di Indonesia.

Kenapa Honda CR-V mengganti desain setelah dalam waktu cukup lama, kurang lebih 6 tahun. Kenapa tidak mengganti desain setelah 3 tahun?

Sebetulnya untuk model itu sendiri selalu berubah selama 5 tahun sekali, dan karena banjir di Thailand yang menyebabkan tersendat suplainya. Membuat Honda CR-V baru hari ini mengubah desain, dan lewat satu tahun.

Dengan perubahan ukuran All New CR-V, apakah kesan mobil compact yang ringkas ingin lebih ditonjolkan di tubuh CR-V?

Memang ada perubahan ukuran sedikit, untuk panjangnya lebih kecil 30mm, tapi sebenarnya untuk space (ruang kabin)itu lebih lebar. Engine room memang dibuat agak compact. Tinggi juga lebih rendah 30mm ini bertujuan untuk mengurangi tekanan angin.

Berapa lama dalam membuat desain dan menjadikan secara utuh, untuk All New CR-V?

Untuk masa pengembangan desain dan teknologi lainnya, mohon maaf itu kami tidak bisa dijelaskan.

Apakah ada pengembangan teknologi khusus yang lebih canggih dibandingkan dengan kendaraan sejenis, selain mesin i-VTEC yang dilengkapi dengan ECO indikator?

Mesin kita masih pendekatan dengan mesin i-VTEC ,tapi kita tetap melakukan pengembangan terhadap i-VTEC agar menjadi lebih baik. Selain itu mesin i-VTEC ini merupakan mesin yang ramah lingkungan.

Dan kami juga memiliki fitur ECO, dan ini memang diperuntukkan agar mempermudah konsumen agar lebih ramah lingkungan. Itu salah satu upaya kami menjaga.

Mengapa Honda memilih SUV premium seperti CR-V dibandingkan dengan melahirkan varian compact sebagai kendaraan urban?

Karena segmennya berbeda, tentu pasar ini terus berkembang. Tapi di dunia SUV medium juga sangat berkembang dan besar, dan nanti varian compact memiliki segment sendiri . Dan karena Low SUV di Indonesia itu hanya di Indonesia. Dan nanti kalau waktunya datang akan kami beritahu.

Apakah Honda akan melahirkan SUV CR-V dengan sistem penggerak 4X4?

Ini tergantung kepada market, tapi saat ini di indonesia saat ini belum besar. Tapi kami akan melihat kedepannya.

Apa rahasia mesin Honda CR-V, yang bisa meningkatkan kekuatan hingga 20 PS pada mesin 2.4 dan meningkat 5 ps pada mesin 2.0?

Bentuk mesin memang lebih tinggi, dan mesin i-VTEC ini memanfaatkan intek, sehingga bisa mengurangi kompresi di mesin. Selain itu kami juga memiliki teknologi piston terbaru, sehingga mesin ini mampu menambah tenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar